Salah satu ciri bangsa yang maju adalah tingginya minat baca pada masyarakat. Bangsa maju akan memiliki minat baca yang lebih tinggi dalam kehidupan sehari-hari. Minat membaca di Indonesia masih tergolong relatif rendah, apabila dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya. Faktanya, penduduk Indonesia lebih banyak mencari informasi dari televisi dan radio ketimbang buku atau media baca lainnya. Laporan bank Dunia no.16369-IND (Education in Indonesi from Crisis to recovery) menyebutkan bahwa tingkat membaca usia kelas VI Sekolah Dasar di Indonesia hanya mampu meraih skor 51,7 di bawah Filipina (52,6), Thailand (65,1) dan Singapura (74,0). Fakta diatas tentu memprihatinkan, mengingat budaya membaca sangat erat kaitannya dengan kultur sebuah generasi.  Jika generasi sekarang memiliki minat baca rendah, bukankah sulit mengharapkan mereka menjadi teladan bagi anak cucunya dalam membudayakan membaca? Melihat fenomena ini, kita harus menerapkan budaya membaca, apalagi melihat kondisi perkembangan teknologi informasi saat ini, e-book salah satunya. Dalam hal ini, teknologi digital memposisikan buku tidak lagi dalam batasan teknologi tinta, kertas dan percetakan tetapi menempatkan buku ke dalam sebuah media elektronik.

E-book merupakan buku elektronik yang menggunakan format digital dan teknologi internet agar mudah dan efisien untuk digunakan. E-book merupakan bentuk lain dari publikasi elektronik yang membacanya dengan menggunakan komputer atau laptop.  Sejak pengguna teknologi informasi, salah satunya internet berkembang dengan pesat banyak masyarakat global berbagi pengetahuan dengan menggunakan e-book. Perkembangan e-book semakin meningkat sejalan dengan kebutuhan terhadap informasi, namun seringkali pemanfaatannya kurang maksimal. Pemanfaatan tersebut memberikan dampak bagi segala aspek kehidupan masyarakat tentunya. Adapun implementasi manfaat e-book, antara lain: dapat mengakses jarak jauh tanpa dibatasi waktu dan tempat, meningkatkan minat baca dan sadar teknologi informasi serta membantu kegiatan belajar-mengajar (transfer pengetahuan).

Selain itu, keberadaan e-book memberikan solusi efektif dari permasalahan masyarakat global yang dihadapi saat ini, seperti meminimalisasi ruang penyimpanan, harga e-book lebih murah dibandingkan dengan harga buku fisik, ketersediaan buku fisik terbatas juga penyebarannya yang tidak merata dipasaran dan bobot buku fisik lebih berat apabila dibandingkan dengan e-book.

Berikut ini adalah tips mudah untuk memelihara minat baca, antara lain :

  • Tanamkan dalam diri suatu komitmen bahwa melalui membaca kita akan memperoleh banyak keuntungan (bertambah wawasan, semakin arif, dan bertambah ilmu pengetahuan)
  • Ciptakan keadaan sosial dan fisik yang mendukung terpeliharanya minat baca.
  • Ciptakan tantangan yang menuntun kita untuk membaca
  • Sediakan waktu serta bahan bacaan yang cukup atau manfaatkan perpustakaan.
  • Sediakan tempat khusus untuk meletakkan buku – buku tersebut sehingga mudah terjangkau.

 

Sedangkan, keuntungan membaca diantaranya :

  • Membaca merupakan salah satu cara untuk menambah pengetahuan dan memperluas wawasan.
  • Dengan banyak membaca buku-buku bacaan bermutu akan timbul dengan sendirinya daya kreativitas yang tinggi karena kemampuan fantasi, empati dan hasrat yang terus diasah.
  • Budi pekerti atau akhlak juga memiliki kaiatan erat dengan kebiasaan membaca. Kebiasaan membaca karya sastra akan memperhalus budi pekerti.
  • Membaca menghilangkan kecemasan dan kegundahan.
  • Ketika sibuk membaca, seseorang terhalang masuk ke dalam kebodohan.
  • Kebiasaan membaca membuat orang terlalu sibuk untuk bisa berhubungan dengan orang-orang malas dan tidak mau bekerja.
  • Dengan sering membaca, orang bisa mengembangkan keluwesan dan kefasihan dalam bertutur kata.
  • Membaca membantu mengembangkan pemikiran dan menjernihkan cara berpikir.
  • Membaca meningkatkan pengetahuan seseorang dan meningkatkan memori dan pemahaman.
  • Dengan membaca, orang mengambil manfaat dari pengalaman orang lain
  • Dengan sering membaca, orang mengembangkan kemampuannya; baik untuk mendapat dan memproses ilmu pengetahuan maupun untuk mempelajari berbagai disiplin ilmu dan aplikasinya dalam hidup.
  • Membaca membantu seseorang untuk menyegarkan pemikirannya dari keruwetan dan menyelamatkan waktunya agar tidak sia-sia.

Poin pentingnya adalah meningkatkan minat baca dikalangan masyarakat khususnya pelajar, agar pengetahuan serta intelektualitas yang dimiliki masyarakat Indonesia tidak berada pada peringkat terbawah dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya. Dengan harapan minata baca pelajar di Indonesia terus meningkat sehingga mutu pendidikan juga akan meningkat. Hal ini juga akan mendorong peningkatan kualitas bangsa Indonesia